Indonesia Ecommerce

Expand search form
0

Forum Solusi

Diperbarui: 1-Februari-2021

Untuk menyelesaikan masalah pesanan di forum antara penjual dan pembeli terdapat aturan yang wajib perhatikan, disetujui dan dipatuhi. Bila Anda telah menjadi penjual dan pembeli di situs web Cari2, Anda dianggap telah menyetujui aturan berikut.

a. Ruang penyelesaian masalah pesanan di forum bersifat pribadi antara penjual dan pembeli, dan tidak dapat diakses oleh umum.

b. Kami berperan sebagai penengah di forum untuk menindaklanjuti laporan masalah dan membantu menyelesaikan masalah antara penjual dan pembeli dengan cepat dan tepat.

c. Pembeli hanya dapat melaporkan masalah apabila menerima produk yang tidak sesuai 100% dengan pesanan (contoh: pembeli memesan produk A dan menerima produk B) atau kondisi produk yang cacat, rusak dan tidak layak digunakan atau dikonsumsi.

d. Kami hanya akan menindaklanjuti laporan masalah dalam waktu 1×24 jam setelah pembeli menerima pesanan. Kami tidak akan menindaklanjuti laporan masalah apabila pembeli sudah menerima pesanan lebih dari waktu 1×24 jam. Waktu penerimaan pesanan oleh pembeli dilihat dan dihitung dari laporan pengiriman kurir.

e. Kami menindaklanjuti laporan masalah dengan mengundang pembeli dan penjual untuk menyelesaikan masalah di forum.

f. Pembeli yang kami undang di forum untuk menyelesaikan masalah dengan penjual wajib aktif di forum untuk menyelesaikan masalah sesuai dengan laporan masalah yang dibuat.

g. Apabila pembeli tidak aktif di forum dalam waktu 1×24 jam setelah kami undang, maka kami anggap masalah selesai dan kami menutup ruang forum untuk laporan masalah ini. Untuk selanjutnya kami tidak akan menindaklanjuti laporan masalah yang sama setelahnya dan dana pembeli akan kami proses untuk dikirim ke penjual.

h. Penjual yang kami undang di forum untuk menyelesaikan masalah dengan pembeli wajib aktif di forum untuk menyelesaikan masalah sesuai dengan ketentuan layanan tokonya sendiri.

i. Apabila penjual tidak aktif di forum dalam waktu 1×24 jam setelah kami undang, maka kami anggap masalah selesai dan kami menutup ruang forum untuk laporan masalah ini. Untuk selanjutnya klaim dana pembeli oleh penjual tidak akan kami proses. Kami akan memproses pengembalian dana pembeli setelah pembeli mengirim produk kembali ke alamat penjual.

j. Pembeli wajib menyertakan bukti kondisi produk sesuai masalah yang disampaikan lewat foto di forum.

k. Pembeli dapat melakukan permintaan penggantian produk apabila penjual terbukti sudah memproses pesanan dengan salah dan tidak sesuai dengan ketentuan layanan toko milik penjual.

l. Pembeli tidak dapat meminta ganti rugi uang atau barang lain yang memiliki nilai sama dengan pesanan apabila penjual tidak terbukti bersalah dalam memproses pesanan.

m. Pembeli tidak dapat melakukan permintaan penggantian produk atau permintaan pengembalian dana apabila penjual terbukti sudah memproses pesanan dengan benar dan sesuai dengan ketentuan layanan toko milik penjual.

n. Penjual yang terbukti memproses pesanan dengan salah dan tidak sesuai dengan ketentuan layanan toko milik penjual wajib melakukan pengiriman penggantian produk sesuai pesanan karena dianggap telah merugikan pembeli.

o. Apabila penjual tidak mau atau tidak sanggup melakukan pengiriman penggantian produk sesuai pesanan maka penjual wajib menyetujui proses pengembalian dana pembeli.

p. Apabila penjual telah menyetujui untuk memproses penggantian produk sesuai pesanan atau menyetujui proses pengembalian dana pembeli, maka penjual berhak untuk menerima pengembalian produk oleh pembeli sebelum memproses penggantian produk sesuai pesanan atau menyetujui proses pengembalian dana pembeli.

q. Apabila penjual ingin menerima pengembalian produk oleh pembeli maka biaya kirim pengembalian produk oleh pembeli wajib ditanggung sepenuhnya oleh pembeli.

r. Kami hanya akan memproses pengembalian dana ke rekening bank milik pembeli yang digunakan saat bertransaksi di situs web Cari2.

s. Kami melakukan pemotongan jumlah pengembalian dana pembeli yaitu jumlah dana pembeli dikurangi biaya admin transfer beda bank apabila pembeli tidak memiliki rekening Bank BCA atau rekening Bank Permata. Nominal biaya admin transfer beda bank sesuai dengan kebijakan milik Bank BCA dan Bank Permata.

t. Khusus pengembalian dana pembeli dari luar Indonesia, biaya administrasi dari bank wajib ditanggung oleh pembeli.

Silakan hubungi kontak apabila memiliki pertanyaan.